Home » » Romansa Kehidupan Di Pesisir

Romansa Kehidupan Di Pesisir

Jangan bayangkan sesuatu yang indah ketika anda mendengar & melihat kehidupan dipesisir pantai Indonesia. Karena semua yang anda lihat tentang sebuah kehidupan yang tenang dipesisir, tak selamanya benar & selalu berujung dengan kenangan indah bak berada di Istana Raja. Karena bahaya bencana alam siap mengintai mereka setiap saat tanpa pernah kompromi waktu & tempatnya.




Karena mereka yang tinggal dipesisir pantai, yang jauh dari kata layak secara kehidupan & harus bergantung pula semuanya dari alam. Termasuk masalah supply makanan & minuman, yang sangat susah dicari & didapat untuk bahan konsumsi mereka sehari – hari. Itulah resiko tinggal didaerah pesisir, yang jauh dari keramaian & gemerlap kota yang senantiasi bergejolak setiap detiknya.

Dan karena itulah, segala keterbatasan silih berganti datang menghampiri mereka secara langsung maupun tidak langsung tanpa pernah ditebak kapan datang & perginya. Walaupun dengan banyak kendala yang datang kepada mereka,seolah mereka tetap memilih pesisir pantai sebagai tempat tinggal mereka sekarang & nanti dibanding harus tinggal didaerah kota besar yang terjangkau dari akses pendidikan, kesehatan & pembangunan.

Itu semua mereka, lakukan demi menjaga tradisi & budaya leluhur yang masih mereka junjung tinggi sampai generasi selanjutnya sesudah mereka. Walau pun, tak semua dari mereka yang mau secara terus menerus ingin tinggal didaerah pesisir sampai selamanya karena ada juga segelintir orang yang ingin mencoba peruntungan nasibnya dengan mengadu nasibnya dikota besar yang kelihatan menjanjikan. Tak ada yang pernah tahu termasuk mereka sendiri, kapan kehidupan dipesisir akan berakhir tapi mereka selalu yakin & akan yakin tentang sebuah nilai leluhur yang akan mereka jaga & lestarikan sampai kapan pun.

Kesimpulan : Romansa Kehidupan Di Pesisir, adalah sebuah bentuk tulisan yang menggambarkan suasana nyata dihampir semua pesisir pantai Indonesia. Dan tidak semua yang kita lihat & dengar selama ini tentang pesisir itu berawal & berakhir dengan indah & sesuai harapan kita.

0 comments: