Home » » Mengenal Ki Hajar Dewantara Tokoh Pendidikan

Mengenal Ki Hajar Dewantara Tokoh Pendidikan

Mengenal Ki Hajar Dewantara Tokoh Pendidikan - Ki hajar dewantara adalah seorang tokoh kolomnis, politisi dan pengerak kemerdekaan Indonesia beliau lahir di Yogyakarta, 2 mei 1889 pada masa Hidia-Belanda.

Beliau juga pendiri sebuah yayasan pendidikan bernama "Taman siswa" , Taman siswa dibuat oleh beliau dikarnakan pada masa Hindia-Belanda hanya golongan seperti Priyai dan orang belanda saja yang berhak mendapatkan pendidikan.

Taman siswa telah banyak membantu kaum jelata indonesia pada masa itu, berkat beliau kita dapat mempunyai pendahulu yang hebat seperti Pak soekarno, pak hatta dan pahlawan nasional lainnya.

Tanggal kelahiran beliau juga dipakai untuk memperingati hari Pendidikan nasional serta perkataan beliau juga dipakai sebagai simbol Pendidikan nasional " Tut wuri handayani ". 

Nama beliau diabadikan pada salah satu kapal perang Republik Indonesia " KRI Ki hajar dewantara " dalam mata uang pecahan Rp. 20.000 rupiah gambar beliau sedang mengajar juga ada.

dalam kabinet pertama Indonesia beliau diangkat menjadi mentri pendidikan nasional oleh Ir. Soekarno pada tahun 1957 dan mendapat gelar " Doctor honoris causa " serta mengajar di Universitas gajah mada, Yogyakarta. beliau meninggal dunia pada 26 april 1959 pada usia 69 tahun.

Kita harus menjaga segala jerih upaya para Pahlawan nasional pada zaman dahulu, tanpa mereka kita tidak bisa seperti sekarang ini. Bisa menjadi bangsa yang disegani bangsa lain, jadilah pahlawan nasional berikutnya dan teruskan perjuangan mereka pada hal yang positif.

0 comments: