Home » » Menentukan Langkah Selanjutnya Setelah Lulus

Menentukan Langkah Selanjutnya Setelah Lulus

Menentukan Langkah Selanjutnya Setelah Lulus - Masa-masa pendidikan memang penuh dengan pengorbanan, tentunya pengorbanan itu jangan sampai sia-sia terbuang begitu saja, harus ada manfaat yang berarti.

Sebentar lagi masa UN dan UAS sekolah akan dilaksanakan semua siswa harus siap secara mental ataupun fisik untuk menghadapi hal tersebut.

Jika semua ujian telah terselesaikan sekarang tingkal menunggu hasilnya jika kamu Naik kelas itu harus disyukuri dan jika kamu Lulus itu juga harus disyukuri ditambah memikirkan tingkat selanjutnya. 

Oke, kita bahasa tentang tingkat sesudah SMP saja yaitu SMK, SMA, MA. kamu harus betul-betul fokus memilih diantara ketiga tingkat tersebut. kamu pilih mana SMK, SMA atau MA ? semua pilihan tergantung kemampuan kamu.

sebenarnya banyak perbedaan dan kesulitan pada ketiga tingkat tersebut, saya akan sedikit jabarkan perbedaan masing-masing dari ketiga tingkat tersebut :

SMK ( Sekolah menengah kejuruan ), Tingkat ini memfokuskan kepada bimbingan praktek jurusan yang ditentukan. SMK memiliki jurusan teknik yang banyak mulai dari TKR ( Otomotif ), TKJ ( Komputer ), AP dan AK ( Perkantoran dan akutansi ). saya sendiri adalah anak TKJ makanya saya faham tentang komputer. Dalam SMK lebih ditekankan pada praktek dibandingkan teori. kamu akan diberikan waktu untuk menjalankan tugas PKL " praktek kerja lapangan " dalam jangka waktu 1 s/d 6 bulan, kamu harus menawarkan diri keberbagai perusahaan agar kamu diterima PKL disitu. saat Ujian Nasional SMK hanya menguji 3 pelajaran yaitu Bhs. Inggris , Bhs. Indonesia dan Matematika .

SMA ( Sekolah menegah atas ) Tingkat ini memfokuskan kepada teori berbeda dengan SMK yang lebih cenderung pada Praktek, kamu tidak akan menemukan apa itu Karburator, Mainboard, Presentase ataupun yang lain dikarnakan ini bukan SMK tapi ini SMA, anggap saja SMA adalah masa SMP yang dilanjutkan lebih lama dikarnakan memang SMA sama persis dengan SMP. 

MA ( Madrasah aliah ) Untuk tingkatan ini saya tidak tahu banyak, tingkat ini fokus pada pelajaran Agama islam bisa dibilang 70 % pendidikan agama dan 30 % pendidikan formal, disini kamu akan diajarkan tentang ilmu Fiqih, Tafsir Al-quran , ilmu Falak dan lain-lain. Ujian pada MA juga sama dengan SMA namun ditambahkan dengan materi Agama islam.

Mungkin referensi diatas bisa menjadi bahan pertimbagan kamu yang sudah lulus SMP dan ingin melanjutkan kejenjang selanjutnya. 

0 comments: