Home » » Mengenal Pahlawan Nasional 10 November Bung Tomo

Mengenal Pahlawan Nasional 10 November Bung Tomo

Mengenal Pahlawan Nasional 10 November Bung Tomo - Indonesia negara yang menjadi sasaran para penjajah untuk menguasai kekayaan alamnya ini sering dihadang oleh bala tentara nasional yang siap menukar nyawa dengan kerhormatan dan wilayah NKRI.

Salah satu tokoh yang berperan adalah Sutomo atau biasa dipanggil "Bung Tomo". Beliau lahir di Surabaya, 03 oktober 1920 pada zaman Hindia belanda dan meninggal di Padang Arafah, Arab saudi 7 oktober 1981. 

Ayahnya bernama Kartawan ciptowijoyo seorang kepala keluarga dari kelas menengah, ia bekerja sebagai pegawai pengawasan Ekspor-Impor barang perusahaan Hindia-belanda. 

Bung Tomo sukses menjadi seorang jurnalis. kemudia ia bergabung dengan sejumlah tokoh politik dan sosial. ketika ia terpilih menjadi anggota Gerakan Rakyat Baru yang disponsori oleh Jepang, Hampir tak seorangpun yang mengenal dia.

ketika pada oktober-november 1945 ia menjadi dinamo besar yang mengerakan nasionalisme rakyat surabaya, yang waktu itu diserang Habis-habisan oleh tentara NICA yang digawangi oleh Inggris dan Belanda. Sutomo dikenal akan suara dan komentar yang menjadikan Indonesia merdeka.

Setelah mendapat dukungan dari gerakan pemuda dan Fraksi partai Golkar, akhirnya Bung Tomo mendapat gelar Pahlawan nasional pada tahun 10 November 2008 yang sekaligus bertepatan dengan hari Pahlawan nasional 10 November.

0 comments: