Home » » Belajar Partisi Harddisk Untuk Pemula

Belajar Partisi Harddisk Untuk Pemula


Dikutip dari wikipedia, Partisi (Bahasa Inggris: Partition), dalam sistem berkas dan manajemen media penyimpanan adalah sebuah bagian dari memori atau media penyimpanan yang terpisah secara logis yang berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara fisik. Media penyimpanan yang dapat dipartisi adalah memori (baik itu memori fisik ataupun memori maya oleh manajer memori sistem operasi), hard disk, magneto-optical disk (MO Disk), dan beberapa flash memory. Meskipun demikian, istilah partisi saat ini digunakan untuk merujuk pada bagian dari hard disk.

Partisi dibuat ketika pengguna membuatnya dengan menggunakan utilitas partisi (seperti halnya utilitas DOS/Linux fdisk, fips, Disk Druid, utilitas Windows diskpart, atau produk komersial Symantec Norton Partition Magic) dan memformatnya dengan memberinya sebuah sistem berkas tertentu.
Disini saya memakai tools yang ada di Hiren's Boot CD, yaitu Partition Wizard Home Edition. Bisa langsung anda jalankan di Windows tanpa perlu boot dari CD. Silahkan ikuti langkah-langkah seperti gambar dibawah ini.
 
1. Jalankan HBCD menu
 
 
2. Pilih partisi Harddisk yang akan dibagi untuk dibuat partisi baru, klik kanan dan pilih Move/Resize
 
 
3. Ubah Volume Harddisk dengan drag kursor dari kanan ke kiri kemudian klik OK
 
 
4. Klik kanan partisi yang sudah anda buat tadi (unalocated) dan pilih Create
 
 
5. Isi kolom Partition Label misalnya Data Tambahan dan klik OK
 
 
6. Klik kanan lagi partisi yang sudah anda buat tadi (Data Tambahan) dan pilih Format (jangan sampai salah format ya)
 
 
7. Klik OK
 
 
8. Terakhir tekan tombol Apply, dan tunggu proses sampai selesai
 
 
Semoga bermanfaat,

0 comments: