Home » » Selamatkan Bangunan Bersejarah

Selamatkan Bangunan Bersejarah

Indonesia sudah dikenal dari dahulu sampai detik ini,menjadi salah satu surga bangunan bersejarah dari bekas peninggalan kejayaan Belanda & Jepang yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia dari sabang hingga merauke. Tidak bisa dipungkiri,ini merupakan salah satu aset peninggalan yang berbentuk benda yang harus dilindungi keberadaannya karena itu semua sebagai bentuk symbol sejarah & budaya bangsa Indonesia dimasa lampau.




Yang akan menjadi sebuah cerita pengetahuan, yang bisa dibagi untuk generasi penerus anak & cucu kita kelak dikemudian hari. Jangan sampai pada suatu saat, kita tidak bisa menceritakan kejadian masa lampau kepada anak & cucu kita. Karena bangunan & benda sejarah telah rata oleh tanah & beganti dengan gedung pencangkar langit, mall, hotel & apartemen.


Dan janganlah kita merusak bangunan & benda bersejarah dengan tangan jahil kita untuk kepentingan yang tidak ada gunanya sama sekali,seperti contoh :




1. Mencorat – coret bangunan tua yang bersejarah dengan tulisan yang tidak etis
2. Jangan sekali – kali, mengambil atau mencuri benda yang ada di museum atau bangunan yang dilindungi, karena tangan manusia Indonesia pada dasar gatal
3. Jangan membuang kotoran besar atau kecil dibanguanan bersejarah, karena dapat mengotori benda – benda yang ada disitu dengan aroma & bekas yang sulit hilang.



Kesimpulan : Tulisan ini adalah sebuah bentuk ajakan, untuk para pembaca agar lebih peduli dengan bangunan tua bersejarah, karena kalau bukan dari kita sendiri yang memulai untuk peduli terhadap bangunan bersejarah lalu siapa lagi ? Jangan tunggu gerakan dari pemerintah, karena menunggu pemerintah sama dengan menunggu bangunan bersejarah yang menjadi aset budaya Indonesia keburu menjadi rata oleh tanah merah yang tidak berbekas.

0 comments: